5:10 AM

(0) Comments

Bisnis Waralaba Makin Berkembang

The Team of Spirit

,

Bisnis waralaba atau franchise di Indonesia terus tumbuh dan berkembang. Tidak hanya waralaba internasional, waralaba lokal pun mulai tumbuh dan berkembang. Bahkan di kota-kota besar banyak pelaku bisnis waralaba yang muncul.
Banyak tawaran untuk terjun di bisnis waralaba. Pemodal cukup menyetorkan sejumlah uang dan nantinya sudah ada yang akan menjalankannya. Pemilik uang tidak perlu repot memikirkan konsep bisnis. Dia juga tidak perlu punya keahlian khusus untuk terjun ke dunia bisnis.
Begitu mudahnya menggeluti bisnis waralaba membuat bisnis ini berkembang dengan pesat. Anang mengatakan, tahun 2004 tercatat paling tidak ada 450 bisnis waralaba dan business opportunity (BO) atau bisnis lisensi yang berkembang di Indonesia. Menurut Wikipedia, bisnis waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.
Dari 450 tersebut, 60 di antaranya adalah bisnis waralaba sedangkan sisanya BO. Diperkirakan tahun 2008 ini ada beberapa BO yang menjadi waralaba sehingga jumlah waralaba sekitar 72 buah.
Begitu banyaknya bisnis yang ditawarkan ini bisa dilihat dari makin menjamurnya outlet karena bisnis ini. Dan ini bisa dijumpai tidak hanya di kota besar tetapi juga kota kecil. Mulai dari makanan hingga ke pendidikan.
Ada 8 kriteria bisnis waralaba, mulai dari usaha yang sudah didirikan cukup lama, minimal lima tahun dan sudah untung. Dan bagi mereka yang ingin terjun dan sudah terpikat dengan bisnis ini harus lebih jeli lagi.
Sejak kapan bisnis ini berdiri, Sejak kapan mulai diwaralabakan, Siapa waralaba yang pertama dan di mana. Kita juga harus tahu tempat waralaba yang pertama ini karena kita harus bisa melakukan wawancara.
Dengan melihat sendiri secara langsung beberapa waralaba yang sudah ikut serta melakukan wawancara dan juga pengamatan maka dianalisis tentang bisnis tersebut. Setelah benar-benar yakin, baru terjun ke bisnis ini.
Biasanya pewaralaba akan mengutip biaya waralaba (franchise fee) dan biaya royalti (royalty fee). Franchise fee adalah biaya penggunaan nama dan sistem bisnis yang dimiliki. Besarnya bervariasi mulai dari jutaan hingga miliaran rupiah. Biaya ini berlaku selama kontrak berlangsung. Bisa dua tahun, tiga tahun bahkan hingga lima tahun tergantung kesepakatan.
Sedangkan biaya royalti ini biasanya diambil dari omset kotor perusahaan. Besarnya juga bervariasi. Bisa tiga persen, empat persen atau bahkan lebih dari omset.
Bagi pemilik modal, usaha macam ini memang bisa menguntungkan. Apalagi pewaralaba biasanya juga melakukan pendampingan, pelatihan dan juga kadang membantu di bidang marketing dan promosi.
0 Responses to "Bisnis Waralaba Makin Berkembang"