9:25 AM

(0) Comments

JERRY YANG & DAVID FILO (YAHOO)

The Team of Spirit

Yahoo! Bermula dari hobi mahasiswa yang berubah menjadi brand global yang telah mengubah cara orang untuk berkomunikasi satu sama lain, mencari dan mendapatkan informasi, serta membeli berbagai macam barang.



Dua pendiri Yahoo!, David Filo dan Jerry Yang, kandidat doktor bidang teknik elektro di Universitas Stanford, yang memulainya di trailer kampus pada Februari 1994, sebagai jalan untuk tetap dalam ketertarikan pribadi mereka terhadap internet. Jauh sebelum mereka menghabiskan lebih banyak waktu dalam daftar jaringan favorit mereka, dibanding dengan disertasi doktor mereka. Bagaimanapun juga, daftar Jerry and David menjadi sangat panjang dan mereka mengklasifikasikan dalam bentuk kategori. Ketika kategori semakin panjang, mereka membuatnya menjadi subkategori. dan lahir konsep inti di balik Yahoo! Web site dimulai sebagai “Jerry’s Guide to the World Wide Web”
Saat ini, Yahoo! Inc. telah menjadi pemimpin komunikasi global lewat internet, komersil dan perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringan lebih dari 232 juta individu setiap bulannya di dunia maya. Sebagai navigasi pertama secara online yang memandu dalam Web, www.yahoo.com adalah pemimpin pemandu dalam konteks lalu-lintas; periklanan; keperluan rumah tangga, dan jangkauan pengguna bisnis. Yahoo! adalah brand internet global pertama dan menjangkau pemirsa paling besar dalam dunia maya. Jaringan perusahaan Web global termasuk dalam 25 World properties. Dengan kantor pusat di Sunnyvale, California, Yahoo! juga telah mempunyai kantor di Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat

Nama Yahoo! merupakan akronim untuk “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”, tetapi Filo dan Yang memilih nama yang mereka pilih, karena mereka suka dengan definisi umum dari yahoo: “rude, unsophisticated, uncouth”. Yahoo! sendiri pertama kali dibuat di workstation mahasiswa Yang, “Akebono”, ketika software dibuat di komputer Filo, “Konishiki”, keduanya nama pemain sumo yang melegenda.



Jerry dan David segera menemukan bahwa mereka tidak sendiri untuk menemukan web site yang sangat berguna. Jauh sebelum ratusan orang yang mengakses panduan mereka dari trailer di Stanford. Dengan dukungan kolega netter membuat usaha yang digulirkan semakin banyak peminat komunitas internet yang terlibat. Yahoo! Merayakan pertama kali jutaan klik per harinya pada tahun 1994, yaitu tak kurang dari 100 ribu macam pengunjung yang unik.

Berdasarkan tingkat lalu-lintas dan antusias penerimaan terhadap Yahoo!, para pendiri menyadari mereka mempunyai bisnis yang potensial.. Pada Maret 1995, mereka melakukan kerja sama bisnis dengan para pemilik lembaga modal ventura Silicon Valley. Mereka kemudian menjalin kerja sama dengan Sequoia Capital, perusahaan yang mempunyai reputasi dalam bidang investasi, termasuk untuk Apple Komputer, Atari, Oracle dan Cisco Systems. Mereka setuju untuk mendanai Yahoo! pada April 1995 dengan investasi awal mendekati dua juta dolar.

Realisasi perusahaan baru mereka mempunyai pertumbuhan potensial yang cepat, Jerry dan David mulai membuat tim manajemen. Mereka merekrut Tim Koogle, seorang veteran Motorola dan alumni jurusan teknik Stanford, sebagai chief executive officer dan Jeffrey Mallett, pendiri Novell’s Divisi konsumen WordPerfect, sebagai chief operating officer. Mereka berhasil menyelamatkan perputaran pendanaan yang kedua pada 1995 dari investor Reuters Ltd. dan Softbank. Yahoo! Diluncurkan dalam go public dengan sangat sukses pada April 1996 dengan jumlah total 49 karyawan

Sumber: yahoo.com
0 Responses to "JERRY YANG & DAVID FILO (YAHOO)"