9:20 AM

(0) Comments

Jiwa Wirausaha Dipengaruhi Gen?

The Team of Spirit

Tidak semua orang mau dan bisa menjadi entrepreneur (pengusaha). Menurut kajian para peneliti, salah satu faktor yang berpengaruh besar adalah sifat genetiknya.

Lupakan pengaruh lingkungan dan pola pengasuhan di keluarga. Penelitian yang dilakukan terhadap anak-anak kembar di Inggris dan AS menunjukkan lingkungan keluarga hanya sedikit berpengaruh. Sekitar 50 persen prospek seseorang menjadi pekerja mandiri atau pengusaha dipengaruhi gen.

"Hubungan keturunan yang tinggi menunjukkan pentingnya memahami faktor genetik untuk menjelaskan mengapa beberapa orang memiliki jiwa wirausaha sedangkan lainnya tidak," kata Profesor Tim Spector dari RS St. Thomas di London.

Spector adalah direktur Unit Penelitian Anak Kembar di RS tersebut. Sekitar 10 ribu anak kembar telah berhasil didaftar dan dilibatkan dalam berbagai penelitian mengenai penyakit, kepribadian, dan kemampuan manusia.

Kali ini, Spector dan para ilmuwan di Imperial College London dan Case Western Reserve University di Cleveland menganalisis pengaruh genetik dan lingkungan pada pengusaha. Mereka melakukannya dengan cara membandingkan 609 pasangan anak kembar identik, yang memiliki gen relatif sama, dan 657 pasang anak kembar tidak identik.

Jumlah pengusaha di antara anak-anak kembar dengan pengusaha pada populasi secara keseluruhan relatif sama. Spector dan timnya menemukan, anak kembar identik cenderung mengembangkan kemampuan-kemampuan wirausaha yang mirip dibandingkan anak kembar tidak identik. Hal tersebut menunjukkan bahwa gen berpengaruh.

"Bukti menunjukkan bahwa faktor genetik memengaruhi berbagai aspek bisnis dari kepuasan kerja hingga keterampilan dan kualitas kerjanya," kata Spector. Para peneliti yakin gen memiliki pengaruh terhadap bentuk kepribadian dan kemampuan yang berperan untuk membentuk seseorang menjadi pengusaha. Temuannya dipresentasikan pada pertemuan di Sekolah Bisnis London.
0 Responses to "Jiwa Wirausaha Dipengaruhi Gen?"